All for Joomla All for Webmasters

“Manisnya” Rasa Buah Sawit

Panen sawit yang semula 1 ton menjadi 2,1 ton

Pak Rahman petani sawit di kecamatan Serongga Kota Baru Kalimantan Selatan kurang lebih sudah enam tahun bergelut di bidang pertanian kelapa sawit, karena bukan dari orang yang berkecukupan, lahanya pun tidak lebih dari 9000 m2. Sudah enam tahun ini rasa frustasi itu menggelayuti pikiranya. Betapa tidak, hasil panen tak pernah lebih 1 ton, pemupukan dan perawatan sudah dilakukan dengan baik, tetapi hasilnya masih jauh dari harapan.

Asa itu datang ketika salah satu team Jimmy Hantu datang dan melakukan demo ke beberapa sawit yang dimilikinya. Tak memerlukan waktu lama untuk melihat perubahan pohon sawitnya, setelah dua kali aplikasi (sekali aplikasi 30 hari), dahan-dahan sudah mulai membuka serta buah sudah kelihatan mulai menhgkilap.

Dengan melihat hasil demo team dari Jimmy Hantu, dengan kenekatanya Pak Rahman, memutuskan untuk mengggunakan produk Jimmy Hantu, saat ini sudah aplikasi keempat, dengan interval pertama dan kedua 30 hari, interval ketiga 60 hari dan terakhir interval keempat adalah 90 hari, sudah kelihatan perubahan yang sangat signifikan.

Total sudah tujuh bulan dengan menggunakan Jimmy Hantu, dari awalnya panen yang hanya 1 ton saat ini sudah menjadi 2,1 ton. Dimana saat BJR (berat janjang rata-rata) sudah mencapai 45 kg. Hasil ini tak dibayangkan oleh Pak Rahman, pasalnya peningkatan yang terjadi lebih dari 100% dari panen awal.

Bagaimana pendekatan Jimmy Hantu bisa merubah kondisi sawit semecam ini, mungkin semua akan bertanya seperti itu. Cukup mudah sebenarnya, meskipun ada catatan penting bahwa indukan atau bibit sawit juga menjadi faktor penentu. Pemupukan dasar tetap harus diperhatikan, walaupun ketika sudah menggunakan produk Jimmy Hantu pemupukan dasar juga bisa dikurangi kurang lebih 40% sampai 50%. Yang terakhir adalah sistem injeksi (pengeboran pohon) dengan penggunaan produk Jimmy Hantu dosis 10 ml POC Ijo Royo-Royo, 10 ML ZPT Ratu Biogen dan 10 ML NPK Jagotani. Dan tidak boleh dilupakan adalah perawatan gulma serta pemangkasan daun.

Karena rutin perawatan dan pengolahan Jimmy Hantu, akhirnya pak Rahman dapat merasakan “manisnya” buah sawit, perbulan 2,1 ton dan sangat mungkin pelan-pelan akan terus meningkat menjadi 3 ton. Tentuya “manisnya” akan terasa sampai di tenggorokan. Dengan Jimmy Hantu yang biasanya biasa saja menjadi luar biasa.

About the Author

Leave a Reply

*