All for Joomla All for Webmasters

Momen Evaluasi Pertanian Akhir & Awal Tahun

Akhir tahun menjadi momen yang tepat untuk melakukan evaluasi setelah menjalani masa satu tahun dalam melakukan suatu pekerjaan. Biasanya orang akan mengumpukan data yang dijalani, mengurai masalah yang telah dilewati, dan mendaur ulang usaha yang gagal dalam tenggang waktu satu tahun. Tujuanya jelas, mempersiapkan tahun depan agar lebih baik.

Tak terkecuali dalam dunia pertanian yang kita geluti, dan momen yang tepat untuk mengumpulkan data hasil panen dalam waktu satu tahun, hambatan yang terjadi (penyakit, hama, dll), kalkulasi biaya yang telah dikeluarkan, dan penghasilan yang didapat. Untuk mempersiapkan langkah lebih matang menyambut tahun mendatang.

Proses ini sedikit rumit namun sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dan evisiensi dalam proses bertani pada tahun-tahun berikutnya.

Namun anda tak perlu khawatir, team jimmyhantu.com akan sedikit berbagi tips untuk proses evaluasi tahunan untuk mempersiapkan proses tanam tahun depan.

  1.    Pengumpulan Data

Pengumpulan data merupakan langkah awal untuk mengetahui total hasil panen dalam satu tahun. Bisa dimulai dengan mengumpulkan berapa berat bersih dari setiap panen yang di dapat dalam kurun waktu satu tahun. Hitung jumlah hasil panen dari awal hingga akhir masa panen tahun ini dan setelah ditotal akan terlihat berapa total hasil panen dalam satu tahun.

  1.    Menghiung Total Biaya

Penghitungan total biaya sangat bermanfaat untuk mengetahui hasil yang didapat dengan modal yang dikeluarkan. Penghitungan biaya meliputi penghitungan total biaya bibit, pupuk maupun obat, pompa air, tenaga kerja yang bekerja disawah, dan lain sebagainya. Dalam hal perhitungan biaya pupuk maupun obat yang digunakan untuk tanaman dapat dilakukan dengan cara memilah dan membandingkan berapa biaya jika menggunakan obat atau pupuk anorganik (kimia) dan juga organik (herbal), dari situ kita juga dapat melakukan perbandingan efek yang terjadi pada tanah, manusia, ataupun hewan yang memakan hasil tanam dengan penggunaan pupuk anorganik dan organik.

  1.    Menghitung Harga Jual

Penghitungan harga jual berfungsi untuk mengetahui hasil yang didapat. Karena pada setiap musim panen harga komoditas bergerak naik turun mengikuti kondisi pasar. Untuk mengetahui laba dalam proses bertani hitung terlebih dahulu total penjualan selama setahun kemudian dikurangi dengan total biaya yang telah dikeluarkan.

  1.    Evaluasi Hama & Penyakit

Hama & penyakit menjadi momok yang menakutkan bagi para petani karena ini yang sering mengakibatkan gagal panen. Cuaca dan musim cukup mempengaruhi hama dan penyakit yang menyerang. Untuk mempersiapkan tahun depan perlu proses pencatatan hama dan penyakit yang menyerang pada tahun ini, faktor yang mempengaruhi, dan akibat yang terjadi. Kemudian kita persiapkan mencari solusi untuk meminimalisir serangan hama dan penyakit untuk tahun-tahun yang akan datang.

Jangan lupa tentang jenis obat yang dipakai baik merek dagang dan bahan aktifnya, serta cara pendekatanya (sistemik atau kontak) serta golonganyanya. Sehingga di tahun berikutnya kita tidak mengulang lagi dengan metode yang sama, supaya terhindar dari kekebalan penyakit.

  1.    Langkah Pencegahan Masalah

Setelah poin 1-4 selesai kemudian mencari tahu atau mempelajari hal-hal tersebut untuk melakukan pencegahan masalah yang terjadi dengan bertanya dan belajar kepada petani yang memiliki pengalaman yang cukup, mengikuti pelatihan-pelatihan pertanian, atau belajar mandiri dari pengalaman yang telah terjadi.

Demikian sedikit tips dari kami jimmyhantu.com utuk proses evaluasi tahunan agar panen tahun-tahun yang akan datang semakin meningkat dan hasil lebih maksimal.

About the Author
  1. Nur komarulloh s Reply

    Manfaat bangat, terimakasih ilmunya

Leave a Reply

*