All for Joomla All for Webmasters

Peringatan Hari Sumpah Pemuda Secara Fungsional Dalam Dunia Pertanian

Peringatan Hari Sumpah Pemuda Secara Fungsional Dalam Dunia Pertanian – Hari ini tanggal 28 Oktober 2019 tepat peringatan hari SUMPAH PEMUDA. Merupakan suatu simbol dimana peradaban terbentuk, suatu perubahan terjadi, dan tragedi yang telah berlalu, tak lepas dari peran “pemuda” di dalamnya.

Pada era yang sekarang, peran pemuda harus lebih terlihat khususnya di Dunia Pertanian. Diharapkan pemuda-pemudi yang bergelut untuk mengangkat derajat petani semakin cerdas dalam berinovasi, gigih dalam berusaha, dan ulet dalam melakukan hal yang baik.

Tak hanya memandang ke depan, sesekali harus menengok ke belakang untuk melihat apa saja yang telah berubah lebih baik, dan apa saja yang berubah semakin buruk.

Jika kita sedikit menengok masa lalu, dimana Indonesia adalah negara yang subur dengan SDA yang sangat berlimpah, namun dengan seiring berjalannya waktu. Tanah kita semakin tandus, petani sukar untuk mendapat hasil maksimal karena timbunan kimia sintetis merajalela dan terus mengikis sifat alami dari tanah.

Tuntutan terberat bagi kita sebagai Petani Muda atau lebih dikenal dengan istilah “Petani Millenial” adalah bagaimana kita bisa bergerak untuk meningkatkan hasil panen petani. Namun tetap menjaga sifat alamiah dari tanah agar kelak anak cucu kita tetap dapat menikmati kekayaan alam ini.

Sekeliling kita sangat banyak bahan alami yang mampu dimanfaatkan untuk proses bercocok tanam, dengan tujuan meningkatkan hasil panen, sekaligus menjaga alam.

Mari kita memanfaatkan SDA yang ada untuk kesejahteraan petani, jangan mudah tergoda dengan bahan-bahan yang mampu meningkatkan hasil pertanian, tetapi jangka panjang sangat berbahaya bagi kita dan alam.

SALAM PEMUDA INDONESIA … !!!

About the Author

Leave a Reply

*